PAPUA SEHAT BLOG

October 30, 2008

Mereka juga perlu melihat dengan jelas

Filed under: Tautan — YAKIN PAPUA SEHAT @ 2:48 pm

Katarak mata

Kami di Sorong merasakan bahwa jumlah kasus baru katarak melebihi jumlah kasus yang mampu dioperasi oleh dokter. Kami di Sorong hanya memiliki 1 orang dokter spesialis mata yang melayani kota dan kabupaten Sorong. Disamping itu,para penderita di Sorong yang memiliki Kartu Askes / Jamkesmas ternyata juga harus menyisihkan dana jutaan untuk dilakukan operasi katarak mata.
Siapa yang peduli ?.


Perlu ada upaya bersama mendukung upaya pemerintah melalui penggalangan aksi partisipatif baik dari LSM, lembaga keagamaan, organisasi profesi, pihak pengusaha, dan masyarakat sendiri.
Oleh karena itu, kami di Sorong, pada tanggal 15 dan 16 Mei 2008 yang lalu memfasilitasi kedatangan Tim Dokter Mata dari Perdami Jawa Barat / RS Mata Cicendo yang langsung dipimpin oleh Ketua Perdami Jabar, dr. Hikmat W. SpM, MKes, MM yang membawa 4 dokter ahli mata plus 1 dokter mata dari Perdami Manado (dr. Grace Tenoch SpM) dan 2 dokter residen mata, dengan fasilitas alat-alat operasi, obat-obatan mereka sendiri. Dana transportasi dari Pertamina Pusat.
Mereka melakukan operasi secara cuma-cuma terhadap 100 orang ( 134 mata ) di RSU Pekeja Sele Be Solu Kota Sorong, dalam rangka merayakan HUT Yayasan Kasih Immanuel, Hari Lanjut Usia Nasional ke-12 th 2008 dan memperingati seabad ( 100 tahun ) kiprah dokter di Indonesia.
Kami hanya menanggung biaya akomodasi, konsumsi, perbaikan sarana RS, transportasi lokal, dimana dana untuk itu tidak seberapa besar dan diperoleh dari bantuan Pemda Kota, pihak gereja GKI, bantuan pihak swasta / pengusaha, spontanitas Pengurus Yayasan / Panitia.
Terlihat bahwa dengan kerjasama yang melibatkan banyak pihak merupakan salah satu cara yang dapat dipakai untuk mengatasi buta katarak melalui operasi massal secara cuma-cuma terutama bagi masyarakat kurang mampu. Semoga tahun mendatang kegiatan tersebut dapat digalang bersama kembali.

Secara khusus, kami menghaturkan terima kasih tak terhinggakepada Perdami Jawa Barat dan RS Mata Cicendo Bandung. Terima kasih pula kami sampaikan kepada Walikota Sorong, Pertamina Pusat, Kepala Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Sorong, Ketua TP PKK Kota dan Kabupaten Sorong, Direktur RSU Pekerja Sele Be Solu Sorong, Ketua Klasis GKI Sorong, PT Nikita Raya, BRI Sorong, pihak swasta / pengusaha lainnya, YKIS dan Panitia, seluruh donatur / dermawan warga masyarakat dan warga GKI Sorong.

9 Comments »

  1. Saya pernah baca katanya di indonesia ada pertolongan operasi katarak gratis. Bagus dong jadi yg tidak mampuh untuk membayar operasi bisa tertolong. saya juga sudah dua2nya mata saya di operasi katarak. Alhamdulillah sekarang kaca mata saya lensanya tidak setebal sebelum saya di operasi …he he he….

    Comment by uwa — November 1, 2008 @ 8:36 am

  2. Oh…Fz itu berkacamata tebal??? Baru tahu saya……

    Comment by bujanggamanik — November 3, 2008 @ 4:19 am

  3. Terima kasih. Semoga kesehatan mata Uwa tetap terjaga. Amin.
    Memang benar, ada lembaga yang memfasilitasi operasi katarak gratis seperti yang kami lakukan dengan mengundang dokter ahli mata dari Perdami Jawa Barat / RS Mata Cicendo. Salut buat dokter-dokter mata kita di Perdami Jawa Barat / RS Mata Cicendo. Mereka memiliki reputasi yang tinggi dalam menjalankan misi bakti sosial operasi mata, disamping tugas pokok mereka dan mereka sudah keliling ke berbagai daerah di Indonesia untuk maksud tersebut. Kami rindu untuk mengundang mereka kembali pada tahun-tahun mendatang. Mungkin Uwa mau turut bergabung. Salam

    Comment by wawan — November 3, 2008 @ 5:05 am

  4. Bersyukurlah karena kita memiliki mata yang mampu melihat segala keindahan yang telah Allah ciptakan. Mata adalah jendela dunia … kita bisa merasakan betapa pentingnya mata setelah ada sesuatu dengan mata kita… Saya dapat merasakan semua itu ketika anak saya yang baru kelas tiga SD harus berkacamata, bagaimana dia kehilangan kebebasan untuk bermain dengan bebas … waktu itu hobinya sepak bola, dan terpaksa agak dikurangi. Memang ada alternatif untuk tidak menggunakan kacamata itu melalui operasi “Lasik” sayang sekali selain biayanya mahal operasi itu pun dapat dilakukan kalau usianya sudah 18 tahum.

    Comment by nia — November 4, 2008 @ 12:36 am

  5. Terima kasih.
    Menurut teman yang dokter ahli mata, operasi LASIK masih relatif mahal, karena termasuk pemeriksaan penunjangnya. Sekitar 14 juta untuk 2 mata ( Info RS Mata Cicendo ). Benar, operasi dapat dilakukan pada usia 18 tahun karena pada usia tersebut dianggap rata-rata refraksi mata sudah stabil.
    Bila usia 18 tahun, tetapi refraksi mata belum stabil selama kurun waktu 1 tahun maka operasi ditunda sampai refraksi mata betul2 sudah stabil.

    Comment by wawan — November 5, 2008 @ 12:11 am

  6. bayi saya umur 4 tahun penderita ROP (Retinopathy Of Premature)bisakah diopersi pada usia tersebut? berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan? mohon infonya

    Comment by Moch. Jasmadi — October 21, 2009 @ 8:05 pm

  7. Trims atas comment. Maaf, saya tdk begitu mengerti dengan ROP. Tapi setelah saya tanyakan kpd sejawat dr. Spesialis Mata, jawabannya begini : ROP harus ditangani sedini mungkin. Biasanya pd usia 4 minggu. Follow up setiap 2 mg. Dalam follow up, bisa saja hanya dilakukan dgn Laser. Untuk anak bapak yg usia 4 th, sy tdk tahu apakah perlu operasi? Saya sarankan mencari dokter spesialis mata yang khusus mendalami masalah retina atau spes mata dgn subspesialis bidang pediatric ophthalmology.

    Comment by wawan — November 25, 2009 @ 12:09 pm

  8. Tentang biaya kami tidak begitu tahu karena kami sendiri jauh dari sentra yg memiliki fasilitas memadai. Tentang penanganan, tergantung juga dgn grade. Mungkin diantara blogger, ada yg bisa memberi tambahan informasi, untuk membantu Pak Jasmadi. Maaf, kalau boleh tahu, Pak Jasmadi domisili di mana?

    Comment by wawan — November 25, 2009 @ 12:20 pm

  9. setahu saya PT nikita raya tidak pernah mengikuti kegiatan bakti sosial….coba jelaskan dimana dan tgl berapa PT NIKITA RAYA mengikuti kegiatan tersebut…

    Comment by 123456 — August 22, 2012 @ 4:14 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: