PAPUA SEHAT BLOG

November 26, 2008

Catatan Perjalanan Ke Kaimana ( 1 )

Filed under: Coretanku — YAKIN PAPUA SEHAT @ 4:49 am

                        Meski masih mengantuk – karena semalam harus menyiapkan pakaian dan penyambutan-tamu-bandara-deo-sorong2perlengkapan untuk keberangkatan ini – pukul 05.30 saya tetap beranjak dari tempat tidur. Pukul 06.30, dengan  ditemani seorang keponakan, saya bergegas ke Bandara Domine Edward Osok ( DEO ) –  nama  seorang pendeta yang pertama menginjakkan kaki – di Sorong untuk check in. Pesawat Merpati tujuan Kaimana rencana berangkat jam 08.00. Ini perjalanan saya yang kedua kali ke Kaimana – sebelumnya tahun yang lalu bersama Tim – tetapi perasaan takut menyelimuti karena kalau terlambat melapor bisanya posisi kita akan diganti oleh penumpang lain. Jauh hari sebelumnya saya sudah memesan tiket untuk perjalanan ini berhubung penerbangan ke Kaimana hanya 4 x seminggu dan kadang sulit untuk memperoleh tiket bila kebetulan banyak penumpang yang mau berangkat. Seperti pada kali ini, banyak pihak baik dari pemerintah , LSM, para pengusaha merencanakan berangkat ke Kaimana sehubungan dengan kunjungan Menteri Kelautan Bapak Fredy Numberi – seorang putera asli Papua – untuk meresmikan Kawasan Konservasi Laut Daerah ( KKLD ) Kaimana.

sorong-fakfak-kaimana-dengan-merpati1Penerbangan ke Kaimana hanya dilayani oleh Merpati, Deraya dan Trigana. Penumpang juga banyak karena sebagian penumpang dari Manokwari tujuan Kaimana sementara menunggu di Sorong sebab sehari sebelumnya ada pesawat ( sebut saja Z air – nama samaran ) dari Manokwari tujuan Kaimana gagal untuk lepas landas di Bandara Manokwari – tentunya membuat trauma sebagian penumpangnya – sehingga mereka mengambil alternatif  lain ke Kaimana melalui Sorong.

Jam 07.30 , pesawat Merpati yang akan terbang ke Kaimana ternyata harus melayani dulu penerbangan ke Teminabuan – ibukota Kab Sorong Selatan – sehingga kami harus menunggu lagi. Penerbangan Sorong ke Teminabuan pp kurang lebih 60 menit. Menurut informasi, penerbangan ke Kaimana delay sampai jam 09.00 setelah pesawat tersebut balik kembali dari Teminabuan. ( Sebagai tambahan informasi , alternatif  lain bila anda ingin bepergian dari Sorong ke Kaimana adalah dengan menggunakan transportasi laut berhubung belum adanya ruas jalan yang menghubungkan Sorong – Kaimana.. Memang sarana transportasi  masih merupakan kendala di daerah Papua umumnya . Siapa tahu anda berminat untuk membuka usaha bidang trasportasi di Papua.  He . . he . . )

2 Comments »

  1. Waah boleh juga tuuuh, buka bisnis baru bidang transportasi. Oh ya Photonya bisa diperbesar nggak yah Pak?

    Comment by nia — November 26, 2008 @ 5:34 am

  2. Mungkin Bu Nia berminat. Biar kami tidak kesulitan lagi bila bepergian ke daerah.
    Trims atas usulnya, nanti saya rubah.

    Comment by wawan — November 26, 2008 @ 8:03 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: