PAPUA SEHAT BLOG

May 20, 2009

Ketika Jadwal Lampu Padam di Rumah Sakit

Filed under: Coretanku — YAKIN PAPUA SEHAT @ 9:59 am

Menjelang magrib, aku mendampingi seorang teman yang bertugas sebagai dokter spesialis di sebuah Rumah Sakit. Dia baru saja menerima panggilan dari perawat yang bertugas di Ruang A – ruang bagi pasien bedah – yang menyampaikan bahwa dia harus segera ke ruang tersebut karena seorang pasien pasca operasi sedang mengalami alergi setelah suntikan antibiotik, padahal berdasar hasil skin test – test kulit untuk penentuan ada tidaknya alergi – sebelumnya menunjukkan hasil negatif. Teman ku tampak sedikit panik. Ada rasa kuatir dalam dirinya, jangan-jangan pasiennya itu menjadi fatal dan mengalami syok anafilaktik – istilah kedoktean untuk kasus alergi yang berat – yang dapat menimbulkan kematrian bila tidak segera ditangani dengan baik. Dia bergegas berlari ke ruang A, tetapi ada sedikit rasa kaget karena sesampainya di ruang tersebut, lampu padam. Suatu giliran lampu padam yang sangat tidak menguntungkan pada keadaan seperti ini. Sebab, bagaimana dia bisa menentukan tingkat alergi si pasien dalam suasana gelap. Dia coba menyalakan Hpnya yang memiliki lampu senter, tapi tampaknya itu tidak membantu untuk melihat dengan jelas kondisi pasien. Padahal lampu charge milik Rumah Sakit pada rusak semua dan memang genset Rumah Sakit teraebut, entah mengapa  sejak lama tidak difungsikan. Suatu alasan klasik selalu dilontarkan oleh pimpinan bahwa tidak ada dana untuk pengoperasian genset. Bagaimana mungkin, Rumah Sakit yang memberi pelayanan bagi masyarakat luas,  tidak memiliki genset. Entahlah . . .

2 Comments »

  1. Sungguh memprihatinkan. semoga, menjadi pelajaran dan perhatian untuk semua aparat atau orang-orang terkait. Betapa fasilitas yang memadai itu sangat diperlukan.

    Comment by nia — May 21, 2009 @ 3:07 am

  2. Terima kasih atas komennya. Kita terus berdoa bagi para pemimpin kita untuk memperhatikan sarana pelayanan umum agar dapat dinikmati oleh masyarakat bangsa yang besar ini. Amin

    Comment by wawan — May 23, 2009 @ 12:06 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: